Pemerintah Dorong Penggunaan Aspal Buton dalam Pembangunan Infrastruktur

| Selasa, 15/08/2023 22:27 WIB
Pemerintah Dorong Penggunaan Aspal Buton dalam Pembangunan Infrastruktur Pembangunan jalan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus mendorong penggunaan material Aspal Buton (Asbuton) sebagai salah satu Produk Dalam Negeri (PDN) dalam pelaksanaan program preservasi dan pembangunan infrastruktur jalan.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra menyampaikan bahwa PDN tersebut termasuk produk UMKK yang memenuhi spesifikasi pada pengadaan barang/jasa swakelola dan pekerjaan padat karya, serta untuk pekerjaan yang dilaksanakan oleh pihak ketiga (Penyedia Jasa).

“Kementerian PUPR mengajak peran aktif dari semua pelaku usaha UMKK untuk menghimbau kepada seluruh pelaku usaha Koperasi dan UMKM agar segera mendaftarkan produknya pada e-Katalog, serta melakukan sertifikasi TKDN pada produknya melalui Kementerian Perindustrian. Hal tersebut untuk memenuhi komitmen belanja PDN Kementerian PUPR,” ujar Rachman Arief.

Sementara itu, Plh. Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Yuni Nurmala Bakti juga mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2023 di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara juga memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR atas penggunaan Aspal Buton sebanyak 112 ribu ton untuk pengaspalan ruas jalan di beberapa wilayah di Indonesia,” tandas Yuni

Tags : Pembangunan Infrastruktur , Aspal Buton

Berita Terkait