Komisi X DPR Dukung Peningkatan Nilai Ekonomi Kreatif Indonesia

| Rabu, 16/08/2023 22:50 WIB
Komisi X DPR Dukung Peningkatan Nilai Ekonomi Kreatif Indonesia Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda berharap pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengakselerasi pertumbuhan nilai ekonomi kreatif Indonesia. Ia menilai masyarakat Indonesia mampu menghasilkan sejumlah produk kreatif yang mampu menembus pasar internasional. 

Tidak ingin menyia-nyiakan potensi tersebut, Politisi Fraksi PKB itu menekankan agar Kemenparekraf menyusun program kerja yang mendukung keberlangsungan ekosistem industri kreatif. Salah satunya yang ia harapkan adalah menguatkan para pelaku ekonomi kreatif untuk menghadapi tantangan global.

"Butuh penanganan khusus untuk pelaku industri kreatif supaya tercipta ekosistem yang mendukung. Sampai saat ini, belum ada ekosistem yang seperti itu. Sering kami menemukan para pelaku kreatif hanya jalan di tempat," ujar HUda dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 16 Agustus 2023.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan nilai keberlanjutan (sustainable) harus menjadi perhatian Kemenparekraf. Sebagai informasi, sektor ekonomi kreatif ditargetkan akan mampu menyumbang devisa negara sekitar 26,5 miliar dolar AS pada tahun 2023 dan pada diperkirakan tahun 2030 - 2035 bisa menembus 30-35 miliar dolar AS. Selain itu, sektor ini memberikan 7,8 persen untuk produk domestik bruto (PDB) Indonesia sekaligus menciptakan 24 juta lapangan kerja baru.

Tags : DPR RI , Kemenparekraf , Ekonomi Kreatif , Indonesia