Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemerintah Terus Bangun BLK Komunitas

| Senin, 21/08/2023 21:25 WIB
Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemerintah Terus Bangun BLK Komunitas Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan terus membangun Balai Latihan Kerja Komunitas.

"Kemnaker akan terus membangun BLK Komunitas karena BLK Komunitas ini menjadi salah satu sarana penting dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia," kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Sabtu, 19 Agustus 2023 lalu.

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bahwa sejak 2017 hingga akhir 2022, Kemnaker telah membangun 3.757 BLK Komunitas di seluruh wilayah Indonesia dengan kapasitas peserta pelatihan sebanyak 225.420 orang. Selanjutnya Kemnaker akan membangun 500 BLK Komunitas pada 2023 yang 19 di antaranya di Provinsi DKI Jakarta.

"Kemnaker tidak hanya membangun gedung workshop, tetapi juga penyediaan alat-alat penunjang pelatihan, penyiapan calon instruktur, dan pengelola serta program pelatihan," ucapnya.

Dengan semakin banyak BLK Komunitas yang dibangun, imbuh Menaker Ida, akan semakin banyak pula SDM Indonesia yang memiliki kompetensi. Ia menyebut kompetensi sangat dibutuhkan di era sekarang ini.

"Lulusan dari BLK Komunitas ini bisa jadi pekerja, bisa juga jadi wirausaha. Tapi prinsipnya, mereka memiliki keterampilan dan kompetensi," imbuhnya.

Tags : BLK Komunitas , Kemnaker

Berita Terkait