Komisi X DPR Minta Kemenparekraf Fokus Tingkatkan SDM Pariwisata

| Kamis, 14/09/2023 21:33 WIB
Komisi X DPR Minta Kemenparekraf Fokus Tingkatkan SDM Pariwisata Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang menyatakan persetujuannya terhadap penyesuaian anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2024 sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI.

Namun ia meminta kepada Kemenparekraf agar lebih fokus terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia atau SDM pariwisata melalui program re-skilling, up skilling dan new skilling yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami juga ingin menitip pesan supaya Kemenparekraf agar lebih fokus terhadap bagaimana meningkatkan SDM pariwisata yang menjadi pilar pengembangan destinasi wisata, tentu melalui program re-skilling, up skilling dan new skilling yang sudah disusun yang kemudian juga kami ingin mas menteri dan jajarannya untuk memberikan juga perhatian terkait dengan pelaku-pelaku ekonomi kreatif,” kata Vanda Sarundajang saat raker dengan Kemenparekraf di Jakarta, Kamis, 14 September 2023.

Menurut Vanda, para pelaku ekonomi kreatif masih sangat membutuhkan dukungan baik melalui program pendampingan, pelatihan, program pendanaan dan lain sebagainya.

“Kami titipkan teman-teman pelaku ekonomi kreatif kita yang memang sangat ingin kemudian bersama-sama berkembang seiring destinasi wisata di suatu tempat itu dibuka tetapi juga butuh dukungan yang sebesar-besarnya dari kita semua,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Komisi X DPR RI menyetujui pagu definitif Kemenparekraf/Barekraf RI TA 2024 sebesar Rp3.534.132.141.000.

Tags : Kemenparekraf , Komisi X DPR