Menhub Budi Ingin Pelabuhan Indonesia Ramah Lingkungan Guna Tekan Emisi Karbon

| Kamis, 30/11/2023 20:02 WIB
Menhub Budi Ingin Pelabuhan Indonesia Ramah Lingkungan Guna Tekan Emisi Karbon Aktifitas bongkar muat di pelabuhan Tanjung priok. (Foto: aacom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi berupaya menekan emisi karbon yang ada di sektor pelayaran. Salah satu yang dilakukan pihaknya yakni digitalisasi pelayaran dengan penerapan Maritime Single Window.

"Indonesia juga mendongrak jumlah pelabuhan untuk menjadi pelabuhan ramah lingkungan," katanya di Jakarta, Kamis, 30 November 2023.

Menurutnya, dalam meningkatkan otomasi dan digitalisasi pelayaran, Indonesia telah menerapkan sistem Maritime Single Window dan meningkatkan jumlah pelabuhan yang cerdas dan berkelanjutan.

"Indonesia secara aktif terlibat dalam pengembangan Marine Autonomous Surface Ships Code," tuturnya.

Dalam hal ini, Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau dikenal dengan BKI membantu pemerintah melobi Indonesia dalam proses pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota dewan IMO.

"Sebagaimana diamanatkan Menteri Perhubungan RI bahwa seluruh delegasi Indonesia yang ditugaskan, untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menggalang dukungan dan mendapatkan suara dari negara lain, dan BKI masuk sebagai salah satu delegasi Pemerintah Indonesia," ujar Direktur Operasi IDSurvey/BKI Benny Susanto.

Sebagaimana diketahui, BKI dengan sejumlah delegasi Indonesia untuk mendampingi Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pertemuan International Maritime Organization (IMO) yang diadakan di London pada Selasa (28/11). Acara ini melibatkan delegasi dari sejumlah Kementerian dan Lembaga serta stakeholder terkait sebagai tim lobby pemenangan Indonesia untuk kembali terpilih menjadi anggota dewan IMO.

Tags : Menteri Perhubungan RI , Pelabuhan , Digitalisasi , Lingkungan , Indonesia

Berita Terkait