Wapres Maruf Amin Tegaskan Debat Khusus Tunjukkan Pemahaman Cawapres Atasi Persoalan

| Selasa, 05/12/2023 19:43 WIB
Wapres Maruf Amin Tegaskan Debat Khusus Tunjukkan Pemahaman Cawapres Atasi Persoalan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin menilai pelaksanaan debat khusus bagi calon wakil presiden (Cawapres) bisa menunjukkan publik tentang pemahaman para calon terhadap persoalan yang dihadapi.

"Kalau sendiri itu artinya untuk mengukur kemampuan (calon) wapres itu menguasai persoalan-persoalan yang akan dihadapi. Bisa nggak, paham nggak (gitu kan) apa yang akan dihadapi. Kalau didampingi itu kan nanti bisa di-support. Bedanya itu saja," kata Wapres dilansir dari antaranews, Selasa, 5 Desember 2023.

Hal itu disampaikan Wapres menanggapi wacana dihapusnya debat khusus cawapres dalam rangkaian kampanye Pilpres 2024 dan akan diganti dengan debat cawapres yang didampingi para capres. Ditegaskannya, Undang-Undang Pemilu sudah mengatur mekanisme debat Pilpres, yakni tiga kali untuk capres dan dua kali bagi cawapres.

Menurut Wapres Ma'ruf, ketentuan itu tidak mungkin dihilangkan karena akan menyalahi undang-undang. Namun, ia mengatakan pelaksanaannya tergantung kesepakatan para calon. "Hanya memang nanti caranya bagaimana, waktu (debat) tiga capres seperti apa, dan dua cawapres seperti apa. Itulah tergantung nanti kesepakatan dari para (calon). Saya dengar belum final (penghapusan debat khusus cawapres)," tukasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pembagian mekanisme debat, yakni dua untuk capres, dua untuk cawapres dan satu untuk capres-cawapres secara bersama-sama akan lebih elok.  "Itu mungkin lebih elok sehingga tetap lima (debat) tanpa ada (perdebatan). Nah, ini isu yang menjadi masalah itu kan ada debat cawapres, tapi didampingi. Saya kira kita tunggu saja nanti," ucap Wapres.

Tags : Wapres RI , Debat , Capres , Cawapres , Pilpres 2024