Kemenparekraf Dorong Pengarusutamaan Gender di Sektor Parekraf

| Kamis, 07/12/2023 21:59 WIB
Kemenparekraf Dorong Pengarusutamaan Gender di Sektor Parekraf Ibu-ibu sedang membatik (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pengarusutamaan gender di sektor parekraf Indonesia.

"Dari sisi lapangan kerja, sektor ini sering menawarkan fleksibilitas yang lebih besar, yang penting bagi perempuan yang mungkin juga memiliki tanggung jawab perawatan di rumah. Selain itu, ekonomi kreatif sering kali memungkinkan perempuan untuk memanfaatkan keterampilan dan kreativitas mereka, sekaligus menambahkan nilai ekonomi yang signifikan," kata Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dalam rilisnya, Kamis, 7 Desember 2023.

Giri menjelaskan pengarustamaan gender merupakan proses sistematis untuk memastikan bahwa kebijakan, perencanaan, dan implementasi program memperhatikan kebutuhan dan potensi laki-laki maupun perempuan.

"Karena pengarusutamaan gender adalah komponen kunci dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) terutama Goal 5 yang berkaitan dengan kesetaraan gender," imbuh Giri.

Oleh karena itu, ungkap Giri, pemerintah hadir dengan mengeluarkan kebijakan yang mendukung kesetaraan gender di tempat kerja, seperti cuti keluarga yang adil dan akses yang sama ke pendidikan dan pelatihan. Tidak hanya itu, Giri menambahkan kerja sama antara pemerintah dengan sektor swasta juga penting dalam memperkuat kesetaraan gender di sektor parekraf.

"Komunitas dan media juga memegang peran penting dalam mengubah persepsi dan norma sosial yang berkaitan dengan peran gender. Kampanye kesadaran dan inisiatif pendidikan dapat membantu mengubah sikap dan mendorong penerimaan yang lebih luas terhadap kesetaraan gender," ungkap Giri.

Tags : Kemenparekraf , Parekraf