Pembangunan IKN Terus Berjalan, Otorita Klaim Telah Kantongi Investasi Rp41,4 Triliun

| Kamis, 21/12/2023 17:02 WIB
Pembangunan IKN Terus Berjalan, Otorita Klaim Telah Kantongi Investasi Rp41,4 Triliun Titik Nol IKN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyampaikan telah mengantongi realisasi komitmen investasi mencapai Rp41,4 triliun sepanjang tahun 2023. Adapun jumlah tersebut berasal dari proyek-proyek yang telah melangsungkan peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap 1 hingga tahap 3. 

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, hal ini menjadi bukti kepercayaan para investor swasta kepada IKN. Menurutnya, hal ini terlihat dari peningkatan realisasi investasi yang sangat signifikan.

"Ini mencerminkan optimisme pembangunan IKN berjalan sesuai rencana. IKN tidak hanya sekedar kota baru, melainkan simbol transformasi Indonesia menuju peradaban baru dan berkelanjutan," kata Bambang, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis, 21 Desember 2023.

Adapun proyek-proyek terkait antara lain Pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN), lalu pembangunan Nusantara Superblock di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk investasi pada Nusantara Superblock sendiri mencapai Rp 3 triliun.

Secara keseluruhan, OIKN telah mengantongi 330 Letter of Intention (LOI) atau surat peminatan investasi dengan sekitar 55 persen merupakan investor domestik yang fokus dalam pembangunan sektor sumbu kebangsaan. Adapun empat negara terbanyak yang mengirim LoI antara lain Singapura, Jepang, Tiongkok, dan Malaysia.

"IKN bukan sekedar kota, melainkan wujud visi Indonesia yang maju, inklusif, dan berkelanjutan. Keterlibatan aktif investor menandakan semangat kolektif untuk mencapai tujuan Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Tags : Ibu Kota Nusantara , Investasi , OIKN , Indonesia

Berita Terkait