Anies Baswedan: Indonesia Harus Memiliki Kewibawaan Global

| Rabu, 03/01/2024 19:47 WIB
Anies Baswedan: Indonesia Harus Memiliki Kewibawaan Global Anies Baswedan (Calon Presiden RI). (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menegaskan bahwa Indonesia harus memiliki kewibawaan global lewat berbagai kegiatan diplomasi yang aktif sehingga disegani oleh negara-negara di dunia.

"Indonesia harus memiliki kewibawaan di tataran global. Selain diplomasi yang aktif, juga harus ditopang dengan kekuatan ekonomi, budaya, sosial dan pertahanan," kata Anies Rasyid Baswedan di Kabupaten Tanah Datar, Rabu, 3 Januari 2024.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan menanggapi debat ketiga capres yang mengusung tema "Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik" pada Minggu (7/1/2024).

Ketika ditanyakan strategi Anies dalam menyelesaikan konflik di Tanah Papua apabila terpilih menjadi presiden, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan saat ini Timnas AMIN masih berdiskusi serta mendalami materi debat ketiga.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ke-27 tersebut menegaskan akan menjawab semua isu-isu atau materi tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik saat debat berlangsung.

"Kita sedang menyiapkan untuk debat ketiga besok. Insyallah kita bahas sama-sama," tutur Anies.

Dalam agenda kampanyenya, Anies menjanjikan sejumlah hal kepada masyarakat di Ranah Minang diantaranya revitalisasi pasar serikat Batusangkar dan pembangunan stadion berstandar FIFA seperti Jakarta International Stadium.

"Selain itu, kita juga akan memperbaiki sejumlah jalan-jalan nasional yang rusak. Sebab, saya mendengar di sini banyak jalan yang rusak," tukasnya.

Tags : Anies Baswedan , Indonesia , Kewibawaan , Global , Diplomasi

Berita Terkait