Raihan Emas Lampaui Target, Presiden Jokowi: Kita Kasih Bonus

| Jum'at, 13/12/2019 19:41 WIB
Raihan Emas Lampaui Target, Presiden Jokowi: Kita Kasih Bonus Presiden Joko Widodo (Jokowi) foto bersama usai acara pelepasan kontingen Indonesia ke Sea Games 2019 Filipina di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11). (Foto: twitter @setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai prestasi atlet-atlet Indonesia pada Pesta Olahraga se Asia Tenggara atau Sea Games ke-30 tahun 2019 melebihi target dari sisi perolehan medali emas. Sebelumnya, Jokowi menargetkan Indonesia berada di peringkat ke-2 klasemen perolehan medali, namun Indonesia finish di peringkat empat.

“Target saya masuk ke 2 besar, tapi sekarang masuk ke 4 besar. Tapi emasnya memang melampaui target yang sudah kita berikan, lebih kan dari 60. Target pertama 45, saya nggak mau, 60 sudah terlampaui, sekarang dapat berapa? 72 emas. Terlampaui,” kata Jokowi seperti dilansir dari setkab.go.id, Jumat, 13 Desember 2019.

Baca Juga: Update Klasemen Sea Games 2019, Indonesia Melorot ke Posisi Empat

Ditegaskannya, pemerintah akan memberikan bonus kepada para peraih medali Sea Games 2019 di Filipina, yang telah berakhir pada Rabu, 11 Desember 2019. “Bonusnya berapa, seinget saya emasnya Rp500 (juta). Rp500 juta (untuk peraih medali emas, red), Rp300 juta (perak), dan Rp200 juta (perunggu) kalau nggak keliru,” ujar Jokowi.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, prestasi yang dicapai atlet-atlet Indonesia pada Sea Games ke-30 itu membanggakan, melegakan, sekaligus membahagiakan. Hal ini karena Indonesia berhasil mencapai target medali setelah mengumpulkan 72 keping medali emas.

“Tolok ukur kita target medali emas, pertama kita targetkan 45 untuk melampui 38 pada SEA Games sebelumnya. Ditingkatkan 54, 60, dan kami bersyukur dapat mencapai 72,” kata Zainudin Amali.

Baca Juga: Tambah Dua Emas, Indonesia Tertahan di Peringkat Empat

Dari sisi peringkat pun, menurutnya, Indonesia telah memperbaikinya. Jika di dua SEA Games sebelumnya, Indonesia bercokol di 5 sekarang terdongkrak naik posisi 4 Asia Tenggara, dibawah Filipina, Vietnam, dan Thailand, diatas Malaysia, Singapura, Myanmar, Kamboja, Brunai Darussalam, Laos, serta Timor Leste.

Tags : Jokowi , Sea Games 2019 , Medali Emas , Bonus