Dubes Inggris Bersimpati dengan Kasus All England

| Jum'at, 19/03/2021 15:56 WIB
Dubes Inggris Bersimpati dengan Kasus All England Dubes Inggris, Owen Jenkins (foto:UKembassy)

RADARBANGSA.COM - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins menyampaikan rasa simpati untuk para tim bulutangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari turnamen Yonex All England 2021 karena harus mengikuti karantina selama 10 hari mengikuti peraturan preotokol kesehatan peemrintah Inggris.

“Keputusan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang tidak mengizinkan Indonesia berpartisipasi dalam turnamen bulutangkis All England demi pencegahan Covid-19 sangat disayangkan,” kata Jenkins dalam video yang dirilis Kedutaan Inggris di Jakarta, Kamis, 18 maret 2021.

“Saya sangat bersimpati terhadap para atlet bulutangkis Indonesia yang terdampak,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia memiliki beberapa atlet bulu tangkis yang paling berbakat dan digemari di sirkuit bulu tangkis. Dia mengatakan untuk terus berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait mengenai masalah tersebut.

“Kami tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Inggris untuk melihat apakah ada yang bisa dilakukan tentang permasalahan ini,” janjinya.

Dia juga menambahkan jika All England adalah turnamen bulu tangkis yang ternama di tingkat dunia. Sangat disayangkan jika Indonesia tidak terwakilkan tahun ini. Namun, tambahnya, sangat penting untuk memprioritaskan keselamatan terutama saat masih terjadi pandemi Covid-19.

“Kasus serupa juga pernah terjadi di berbagai cabang olahraga lain seperti sepak bola, tenis, hoki, bola basket, rugbi, dan lainnya. Semuanya terdampak Covid-19 dan harus menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Sikap BWF tersebut sebenarnya didasarkan pada keputusan Badan Layanan Kesehatan Inggris atau NHS yang meminta seluruh pemain dan ofisial Indonesia untuk menjalani masa isolasi 10 hari hingga tanggal 23 Maret 2021, setelah salah satu penumpang di pesawat pada tanggal 13 Maret 2021 yang sama menuju Inggris terkonfirmasi mengidap Covid-19.

Namun hingga saat ini tidak diumumkan siapa penumpang tersebut.

 

 

 

Tags : All England , Dubes Inggris , Bulutangkis