Indonesia Gelar World Superbike 2021, Libatkan 24 Pembalap Mancanegara

| Rabu, 02/06/2021 21:25 WIB
Indonesia Gelar World Superbike 2021, Libatkan 24 Pembalap Mancanegara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 Indonesia Grand Prix yang digelar di Sirkuit Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kejuaraan tersebut dijadwalkan berlangsung pada November 2021 mendatang.

Menteri PAriwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menegaskan bahwa ajang internasional itu dilakukan dengan sistem gelembung atau bubble dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal itu disampaikannya usai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu, 2 Juni 2021.

“Tadi arahan Bapak Presiden bahwa walaupun antusiasme yang tinggi dari masyarakat, namun penyelenggaraan harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin, baik bagi para atlet maupun official crew dan juga para penonton,” ujar Sandiaga dikutip dari laman setkab.go.id.

Diterangkannya, kejuaraan WSBK 2021 ini akan melibatkan 24 pembalap dari berbagai negara. Seluruh pembalap, kru hingga official kegiatan akan menjalani penerapa protokol kesehatan ketat untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Selain itu, Sandi juga menyebut bahwa kehadiran penonton nantinya akan disesuaikan dengan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia. Keputusan tersebut, lanjutnya, akan ditentukan di saat akhir sebelum ajang ini diselenggarakan.

“Tentunya ini nanti disesuaikan dengan data COVID-19 pada saat November. Keputusannya apakah dari kapasitas penonton yang 20 ribu per hari itu adalah 10, 20, atau 30 persen nanti akan ditentukan pada saat terakhir. Dan penonton juga akan dilakukan sistem bubble melalui testing berjenjang dan diharapkan juga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” jelasnya.

Sandi optimistis penyelenggaraan ajang internasional World Superbike 2021 Indonesia Grand Prix dan juga FIBA Asia Cup 2021 dapat membangkitkan semangat dan menunjukkan kepada ajang kelas dunia lainnya bahwa Indonesia memiliki kesiapan dalam hal penyelenggaraan. Perhelatan ini juga diharapkan dapat menggeliatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk sektor pariwisata.

Tags : Indonesia , World Superbike 2021 , Mandalika , Menparekraf