Hari Pertama Piala Dunia Catur Putri, Irene dan Medina Raih Kemenangan

| Rabu, 14/07/2021 09:40 WIB
Hari Pertama Piala Dunia Catur Putri, Irene dan Medina Raih Kemenangan Pecatur Indonesia yang ikut Piala Dunia Catur (foto:antara)

RADARBANGSA.COM - Dua pecatur putri terbaik Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360) sukses menghasilkan kemenangan di hari pertama Piala Dunia Catur Putri 2021 di Sochi, Rusia, Senin, 12 Juli 2021.

Irene berhasil mengalahkan pecatur Chili, WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) pada langkah ke-33. Sementara Medina yang mengendalikan buah putih menang atas pecatur Jerman FM Jana Schneider (2321) dalam permainan 54 langkah.

Disiarkan langsung oleh Chess.com, Irene tampil tenang dalam permainan Italia dengan memainkan pembukaan gajah modern untuk menjawab langkah dua kuda Gomez.

Sementara itu, Medina berhasil memanfaatkan keuntungan memegang buah putih atas lawannya asal Jerman yang dari sisi elo rating relatif seimbang itu. Dalam permainan Giuco Piano nan klasik itu, Medina menghentikan perlawanan Scheneider dalam 54 langkah. Saat lawannya menyerah, Medina unggul satu perwira (Benteng).

Irene maupun Medina tinggal membutuhkan hasil remis pada gim kedua untuk maju ke babak selanjutnya.

Format pertandingan sendiri adalah dua babak catur klasik pada dua hari pertama, ditambah tie-break pada hari ketiga jika di dua pertandingan awal terjadi hasil imbang. Pecatur yang kalah langsung gugur, dan pemenang maju ke babak berikutnya.

 

Tags : Piala Dunia Catur , Irene

Berita Terkait