Uang Saku Atlet Olimpiade Tokyo Mulai Didistribusikan

| Sabtu, 17/07/2021 05:16 WIB
Uang Saku Atlet Olimpiade Tokyo Mulai Didistribusikan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mulai mendistribusikan uang saku kepada atlet, pelatih, serta ofisial yang berangkat ke Olimpiade 2020 Tokyo. Penyaluran uang saku bagi atlet akan langsung dikirimkan ke rekening masing-masing dalam beberapa tahap.

“Alhamdullilah, termin pertama sudah tersalurkan hari ini. Rinciannya, uang saku perjalanan pulang dan pergi serta uang saku lima hari pertama yang kami bayar secara penuh ke rekening masing-masing,” kata Sekretaris Jenderal KOI Ferry J Kono, Jumat, 16 Juli 2021. 

“Termin selanjutnya kami distribusikan setiap dua hari, tetapi 70% dari jumlah yang mereka terima. Sisanya, kami pastikan sudah mereka terima saat kepulangan ke Tanah Air. Sistem ini kami lakukan merujuk Tata Kelola Keuangan dari Kementerian Keuangan.”

Rombongan besar Kontingen Indonesia berangkat ke Jepang dipimpin langsung oleh Chef de Mission (CdM) Olimpiade Tokyo, Rosan P Roeslani dan Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari menggunakan pesawat komersial pada Sabtu, 17 Juli 2021, malam. Kloter selanjutnya dijadwalkan berangkat pada 20 Juli dan terakhir pada 24 Juli dengan didampingi Sekjen KOI.

Sementara, 11 atlet dari cabor bulutangkis yang menjalani training camp di Kumamoto sejak 8 Juli akan mulai masuk Athlete Village pada 18 Juli. Mobilisasi dibantu KBRI di Tokyo bersama Advance Team NOC Indonesia yang telah tiba di Jepang pada hari ini.

“Untuk bulutangkis yang sudah berada di Jepang, uang saku sudah kami distribusikan. Namun, atletik karena keberangkatannya 24 Juli jadi baru kami salurkan sekitar dua hari sebelum keberangkatan. Jumlah uang saku yang diberikan 335 dolar AS per hari,” terang Ferry.

Merujuk pada aturan pemerintah, lanjut Ferry, khusus uang saku perjalanan pulang dan pergi dana yang diberikan hanya 40% dari uang saku harian. Dengan demikian, nominal yang didapatkan sekitar 134 dolar AS.

Terkait support grand yang diberikan NOC Indonesia dan CdM melalui program Indonesia Olympic Solidarity Program akan didistribusikan pada H+1 setelah atlet masuk arena pertandingan. Diinformasikan sebelumnya, 28 atlet yang akan berlaga nanti mendapat tambahan uang saku masing-masing sebesar 1.500 dolar AS dan 17 pelatih 1.000 dolar AS.

“Khusus alternated athlete dari cabor surfing kami berikan 500 dolar AS. Jika akhirnya tampil akan kami samakan jumlahnya. Yang jelas ini adalah komitmen kami, NOC dan CdM serta sinergi dengan Kempora untuk memastikan atlet-atlet yang tampil di Olimpiade ini mendapat haknya dengan lancar,” terang Ferry.

Tags : Olimpiade Tokyo , KOI

Berita Terkait