Keren! FIM Sebut Aspal Sirkuit Mandalika Terbaik di Dunia

| Kamis, 21/10/2021 21:35 WIB
Keren! FIM Sebut Aspal Sirkuit Mandalika Terbaik di Dunia Sirkuit Mandalika. (Foto: gridotocom)

RADARBANGSA.COM - Indonesia didapuk menjadi tuan rumah kejuaraan balapan dunia, World Superbike (SBK) yang akan berlangsung di Sirkuit Jalan Raya Mandalika, pada 19-21 November 2021 mendatang. Terkait persiapannya, Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto mengatakan, penyelesaian Sirkuit Mandalika sudah tinggal tahap akhir.

"Homologasi, pada prinsipnya di seluruh dunia, mau balapan pun seminggu sebelumnya dihomologasi. Kami sudah menyiapkan hal itu mana-mana yang kurang-kurang, ini sudah kita siapkan semua. Dan saat ini ada proses yang namanya pengecetan sirkuit, washing circuit, yang itu menjadi finalize kita beserta race control yang sedang diinstall," ujar Happy seperti dikutip dari detik.com, Kamis, 21 Oktober 2021.

Diungkapkannya, Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) memuji Sirkuit Mandalika. Bahkan, FIM memuji kualitas aspal di Sirkuit Mandalika.

"Untuk materi sirkuit, sirkuit sendiri kita alhamdulillah FIM bilang bahwa ini adalah sirkuit dengan aspal terbaik di dunia. Ini sebuah pencapaian buat Indonesia, saya rasa ini yang patut kita banggakan. Dan dikerjakan oleh hampir sebagian besar 95% adalah lokal Indonesia," ujarnya.

Kemudian, soal kapasitas penonton di Sirkuit Mandalika, untuk saat ini masih dibatasi karena pandemi COVID-19. Pada gelaran WorldSBK pada november nanti, hanya ada 25.000 tiket yan dijual. Padahal kapasitas penonton di Sirkuit Mandalika ini cukup besar.

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, mengatakan jika tidak dibatasi karena pandemi COVID-19, Sirkuit Mandalika memiliki 75 ribu kursi tribun.

"Kita bisa tingkatkan dengan mudah antara 80-100 ribu kursi. Hospitality bisa sampai 7.000 orang. Rentangnya bisa mencapai 150 ribu sampai 200 ribu kapasitas penonton," kata Ricky.

Tags : Sirkuit Mandalika , World Superbike , FIM , Indonesia