Wapres Kiai Maruf Minta Pimpinan-Dewas KPK Fokus pada Pencegahan Korupsi

| Jum'at, 20/12/2019 18:05 WIB
Wapres Kiai Maruf Minta Pimpinan-Dewas KPK Fokus pada Pencegahan Korupsi KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jumat, 20 Desember 2019. Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin berharap agar para pimpinan KPK fokus pada pencegahan korupsi.

"Ya saya kira kita harapkan bahwa penanganan korupsi itu lebih intensif tapi lebih pada upaya pencegahannya, bukan penindakannya," kata Kiai Ma`ruf dilansir dari detik.com, Jumat, 20 Desember 2019.

Baca Juga: Sah! Presiden Jokowi Lantik Pimpinan KPK Baru

Mustasyar PBNU itu menuturkan, pimpinan KPK dapat memaksimalkan kinerja di aspek pencegahan korupsi. Dia berharap segala hal yang menjadi celah terjadinya korupsi untuk jadi perhatian.

"Sebab mekanismenya supaya yang bisa menimbulkan kesempatan terjadi korupsi itu yang harus dicegah. Itu yang kita harapkan sekarang itu ngarahnya lebih ke sana," ujarnya.

Diungkapkannya, jika potensi korupsi dapat dicegah, maka kerugian negara juga dapat diminimalisir. Karena itu, Kiai Ma`ruf meminta pimpinan KPK fokus pada pencegahan korupsi di Indonesia.

"Sehingga kalau sudah terjadi, kan kerugian negara itu menjadi kadang-kadang juga tidak mudah untuk dikembalikannya. Jadi dicegah itu sehingga tidak terjadi kerugian-kerugian negara," ucapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Dewan Pengawas KPK di Istana Merdeka

Sebagaimana diberitakan, lima pimpinan KPK yang dilantik antara lain: Firli Bahuri sebagai Ketua merangkap Anggota, Nawawi Pomolango sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota, Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota, Alexander Marwata sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota dan Nurul Ghufron sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota.

Tags : Wapres RI , Maruf Amin , KPK RI