Tak Mau Kalah dengan TikTok dan Reels, Youtube Hadirkan Shorts

| Rabu, 14/07/2021 17:45 WIB
Tak Mau Kalah dengan TikTok dan Reels, Youtube Hadirkan Shorts Youtube Shorts (foto: searchenginejournal.com)

RADARBANGSA.COM - Fitur Youtube terbaru kini hadir di Indonesia, Youtube Shorts sebelumnya telah rilis secara terbatas dibeberapa negara yakni India dan Amerika Serikat awal 2021. Mulai Selasa, 13 Juli 2021, kemarin, Youtube mengumumkan telah merilis Shorts di 100 negara.

Youtube Shorts dikabarkan adalah fitur untuk menyaingi platform berbagi video lainnya yakni Tiktok dan Instagram yang baru-baru ini juga meluncurkan Instagram Reels. 

Youtube mengklaim membuat fitur ini, setelah menyindir Tiktok yang membuat aplikasinya sedikit menyerupai Youtube.

Menurut Engadget, sebelumnya hanya mereka yang berada di sekitar 24 negara yang bisa mengakses Shorts untuk merekam dan mengedit Film Pendek. Namun mulai Selasa, 13 Juli 2021, Youtube membuat fitur ini sudah tersedia secara luas.

Jika sebelumnya kebanyakan pengguna hanya bisa melihat saja, kini mereka juga bisa mengakses tools untuk menjadi creator Shorts.

Lyor Cohen selaku Youtube Global Head of Music mengatakan bahwa Youtube Shorts merupakan platform yang akan berkembang cepat di masa depan, yang fokus dalam menghubungkan artis dengan para penggemar musik di seluruh dunia.

Youtube Shorts memudahkan pengguna dalam membuat video pendek berdurasi 60 detik hanya dengan menggunakann kamera handphone.  

Pengguna dapat mengakses alat pembuatan Shorts, termasuk kamera multi-segmen untuk merangkai beberapa klip video bersama-sama, opsi untuk merekam dengan musik dari penyimpanan, kontrol kecepatan, dan masih banyak yang lainnya.

Tags : Youtube Shorts , Tiktok , Instagram

Video Terkait