Dubai Ciptakan Hujan Buatan dengan Drone

| Jum'at, 23/07/2021 09:04 WIB
Dubai Ciptakan Hujan Buatan dengan Drone Drone (foto:pilotinstitute)

RADARBANGSA.COM - Dubai merupakan salah satu negara Arab yang memiliki masalah terkait curah hujan yang rendah. Mengatasi hal tersebut, Dubai memanfaatkan kemampuan drone Inggris untuk menginduksi curah hujan dengan menggunakan drone yang memancarkan listrik ke awan.

Negara federasi Uni Emirat Arab (UEA) yang kaya akan minyak bumi memiliki permasalahan yang sama yakni curah hujan yang rendah. Melalui drone yang dirancang secara khusus untuk membawa sejumlah komponen yang bisa menghasilkan dan menembakkan listrik ke atmosfer, diharapkan bisa mengatasi permasalahan negara tersebut.

"Dilengkapi dengan muatan instrumen emisi listrik dan sensor khusus, drone ini akan terbang di ketinggian rendah dan mengirimkan muatan listrik ke molekul udara, yang diharapkan bisa mendorong presipitasi," kata Al-Mazroui seperti dilansir Arab News.

Operasi penyemaian awan adalah bagian dari misi berkelanjutan untuk menghasilkan curah hujan di negara Timur Tengah, yang memiliki curah hujan rata-rata hanya empat inci.

Operasi penyemaian awan bekerja melalui pesawat berawak yang menembakkan bahan kimia, seperti perak iodida ke awan untuk menyebabkan peningkatan curah hujan.

Proyek ini dipimpin oleh para peneliti di University of Reading di Inggris. Profesor Maarten Ambaum, yang mengerjakan proyek tersebut, mengatakan kepada BBC pada Maret bahwa UEA memiliki awan yang cukup untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk hujan.

UEA menginvestasikan 15 juta dolar AS dalam sembilan proyek pembuatan hujan yang berbeda pada 2017, dilansir Syara dari laman Independent, Kamis, 22 Juli 2021.

Satu sistem yang akan diuji coba di UEA menggunakan drone untuk menembakkan muatan listrik ke awan untuk meningkatkan curah hujan.

Sementara, The National melaporkan, hujan deras menyebabkan air terjun muncul di kota Al Ain dan membuat kondisi mengemudi berbahaya.

 

 

Tags : Drone , Hujan Buatan , Dubai , Inggris

Video Terkait