Menkominfo Sebut INA Digital Jadikan Indonesia Lebih Maju

| Jum'at, 12/01/2024 20:21 WIB
Menkominfo Sebut INA Digital Jadikan Indonesia Lebih Maju Budi Arie Setiadi (Menteri Kominfo). (Foto: Kementerian Kominfo RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa platform Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) INA Digital akan membawa Indonesia ke era digital lebih maju. Di mana, menurutnya, segala aspek pelayanan publik akan bertransformasi menjadi lebih berkualitas.

"Jadi semuanya serba digital, pelayanan publik juga harus lebih terus bertransformasi digital, lebih cepat, lebih berkualitas, segala hal bisa kita selesaikan dengan kemajuan teknologi digital," ujar Budi Arie dilansir dari antaranews, Jumat, 12 Januari 2024.

Diterangkannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menentukan bahwa platform SPBE akan diberi nama INA Digital. Terkait dengan hal itu, dia menjelaskan bahwa pengembangan platform tersebut sedang dalam tahap "proof" dan masih terus dikerjakan.

Nantinya, platform INA Digital akan terintegrasi dengan semua kementerian sehingga menjadi satu portal nasional. "Jadi ketika kamu di ponsel pintar itu mau cari soal kesehatan, soal pendidikan, soal sosial, semua bisa terlayani," kata Budi Arie.

Mengenai target peluncuran INA Digital, Budi Arie menyebut bahwa platform tersebut masih dalam tahap persiapan, namun dia memastikan akan dapat beroperasi tahun ini.

Presiden Jokowi, lanjutnya, menargetkan agar INA Digital, terutama yang terkait dengan identitas kependudukan digital, sudah harus dapat diterapkan pada bulan Juli. "Pak Presiden meminta supaya kita bulan Juli sudah bisa beroperasi terutama identitas kependudukan digital," ucap Budi Arie.

Tags : Menkominfo , INA Digital , Indonesia , SPBE , Digital