Objek Wisata Alam Jadi Andalan, Sumbar Targetkan 70 Ribu Wisman

| Senin, 27/02/2023 21:07 WIB
Objek Wisata Alam Jadi Andalan, Sumbar Targetkan 70 Ribu Wisman Istana Pagaruyung di Batusangkar, Sumatera Barat. (Foto: riau1com)

RADARBANGSA.COM - Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan sebanyak 70 ribu wisatawan mancanegara berkunjung ke provinsi itu sepanjang 2023. Ketua ASITA Sumbar, Darmawi berujar bahwa target itu sama dengan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumbar pada 2018 yakni sekitar 70 ribu orang.

Tahun 2019, jumlah tersebut turun menjadi 61 ribu orang. Karena itu, pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisman tahun 2023 sama dengan 2018.

Menurutnya, Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa pangsa pasar dunia yang ditargetkan adalah India dan Malaysia. Sementara untuk Sumbar wisatawan mancanegara yang banyak adalah dari Malaysia.

"Kami sudah membuat promosi pariwisata di sana pada 2022 dan tahun ini akan kami ulang kembali agar destinasi Sumbar ini dapat diketahui dan dikunjungi mereka," tuturnya.

Ia mengatakan, sejumlah alasan yang menjadi pemicu wisatawan Malaysia datang ke Sumbar adalah alam yang indah atau mereka menyebut alam semula jadi. Sumbar memiliki gunung yang indah dan ada tujuh gunung di provinsi ini serta tiga danau dan satu danau bertingkat.

"Jenis cuaca juga beragam ada yang panas, ada yang sejuk, sedikit panas hingga sedikit sejuk. Terus kuliner dan tempat belanja yang membuat mereka ingin datang berkunjung," ucapnya. 

Tags : Sumatera Barat , ASITA , Objek Wisata , Wisman