Prukades Turunkan Angka Kemiskinan di Pedesaan

| Senin, 07/05/2018 23:29 WIB
Prukades Turunkan Angka Kemiskinan di Pedesaan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (photo: kemendesa.go.id)

GORONTALO, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi (Mendes PDT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) dapat menurunkan angka kemiskinan di desa-desa.

"Program prukades ini cepat dalam menurunkan kemiskinan, kalau rata-rata kemiskinan di desa masih di atas 10 persen secara nasional," kata Mendes Eko Putro Sandjojo di Gorontalo, Sabtu 5 Mei 2018.

Menurut Mendes, Prukades di Kabupaten Gorontalo telah sukses menurunkan angka kemiskinan hingga 2 persen. "Kalau konsisten 2 persen tiap tahunnya, mungkin 5 tahun lagi angka kemiskinan di Gorontalo akan kecil," tambahnya.

Dengan prukades, lanjut Eko, dunia usaha akan melakukan investasi di pengolahan gula semut dengan melibatkan masyarakat. Pemerintah saat ini bukan hanya orientasi kepada program masing-masing melainkan lebih kepada lokus.

"Dengan adanya berbagai program padat karya tunai yang dilakukan kementerian lainnya seperti Kementerian PU, Pertanian, BUMN, Kesehatan, Perhubungan dan kementerian lainnya diharapkan menimbulkan pendapatan masyarakat yang lebih besar," katanya.

Tags : MendesPDTT , Dana Desa , Prukades

Berita Terkait