Cak Imin: Santri Maju, Indonesia Maju

| Senin, 22/10/2018 13:36 WIB
Cak Imin: Santri Maju, Indonesia Maju Cak Imin memberikan orasi kebangsaan di depan para Kiai dan ribuan santri dalam acara Halaqoh Alim Ulama di Ponpes Cipasung, Tasikmalaya (dok radarbangsa)

TASIKMALAYA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut berkah dari Hari Santri yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2015 yang lalu membangkitkan giroh atau semangat keagamaan yang merata hampir di seluruh penjuru negeri.

Menurut Cak Imin, semangat keagamaan yang merata itu tidak lain dinahkodai oleh kaum santri yang meliputi tiga aspek. Pertama, giroh melahirkan karakter bangsa, mentalitas bangsa dan/atau akhlak bangsa.

“Kaum santri kalau memang menjadi kekuatan terbesar insyaallah yang namanya karakter bangsa akan mulia, tangguh, kompetitif, dan maju serta siap bersaing dengan negara-negara lainnya,” kata Cak Imin saat menghadiri Halaqoh Alim Ulama di Ponpes Cipasung, Jawa Barat, Senin 22 Oktober 2018.

Kedua, karena mayoritas bangsa Indonesia adalah umat Islam dan santri, maka yang menentukan Indonesia maju atau tidak adalah kaum santri dan umat Islam. Cak Imin menegaskan, tanpa umat Islam dan santri yang maju, Indonesia tidak akan bisa maju.

“Sehingga kalau (Indonesia) mau maju, maka kaum santri harus dimajukan lebih dulu, maka Indonesia akan maju,” tegas Cak Imin.

Oleh karena itu, Cak Imin berharap RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang kini sudah disetujui Paripurna menjadi RUU Usul Inisiatif DPR dapat segera disahkan sebagai payung hukum kaum santri memajukan bangsa.

“Undang-undang ini nanti yang akan mendorong kalau kaum santri maju, maka Indonesia akan maju semuanya,” imbuh Wakil Ketua MPR RI ini.

Ketiga, lanjut Cak Imin, dengan momentum Hari Santri, faktanya warna Indonesia kini bergantung pada kaum santri di masa yang akan datang. Dikatakan Cak Imin, sedikitnya ada 30 juta santri yang memiliki hak suara di Republik ini.

“Makanya wajar Kiai Ma’ruf Amin dipilih oleh pak Jokowi bukan hanya karena kaum santri besar, tapi kaum santrilah yang akan menentukan warna di Republik Indonesia yang akan datang,” pungkas dia.

Tags : Cak Imin , Hari Santri , Indonesia