Bangga, Tiga `Kartini Muda` ini Juara Kompetisi Robotik IYRC

| Senin, 23/04/2018 20:01 WIB
Bangga, Tiga `Kartini Muda` ini Juara Kompetisi Robotik IYRC Indonesia Youth Robotic Competition (IYRC). (Foto: racer-robot.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tim robotik dari Sekolah Menengah Atas Negeri 28 Jakarta yang beranggotakan tiga orang siswi ini berhasil meraih juara pertama kategori Creative pada ajang "Indonesia Youth Robotic Competition (IYRC)" yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhebition (ICE), Tangerang Selatan, Minggu, 22 April 2018.

Tiga siswi yang kini sedang duduk di kelas 10 tersebut diantaranya Firda Aniqa Labibah (16), Clarissa Ratusima Arifi (14), dan Senit Araminta Jasmine (15). Pada ajang tersebut, Robot yang mereka lombakan diberi nama T-Rex Rov, yaitu sebuah robot yang dapat membantu aktivitas manusia di bawah permukaan laut.

"Fungsi observasi dapat digunakan untuk melihat terumbu karang atau kapal karam dan objek bawah laut lainnya. Sedangkan fungsi inspeksi atau quality control dapat melihat dan mengecek keadaan fasilitas umum yang ada di bawah laut seperti tiang dermaga," kata Firda seperti dikutip dari laman cnnindonesia.com, Senin, 23 April 2018.

Sementara, Clarissa menambahkan bahwa robot yang mereka buat itu juga memiliki sikat kawat untuk membersihkan algae atau ganggang yang dapat mengganggu kinerja robot tersebut. "Robot kami juga memiliki sikat kawat yang kami gunakan untuk membersihkan algae atau ganggang yang dapat mengganggu quality control," ucapnya.

Sementara itu, Senit menjelaskan alasan mereka membuat robot ini karena melihat data yang menunjukkan bahwa para penyelam menghabiskan hingga 40 jam per pekan untuk melakukan observasi dan inspeksi di bawah laut. Menurut mereka, kalau terlalu lama berada di dalam air, maka bisa menimbulkan berbagai dampak buruk bagi penyelam, seperti keracunan nitrogen atau penyakit tinitus.

Diketahui, ketiga `Kartini Muda` itu baru setahun menekuni dunia robotik setelah mengikuti ekstrakurikuler di Sekolahnya.

Tags : Indonesia Youth Robot Competition , Robotic

Video Terkait