Per Februari 2018, Penyaluran KUR Capai Rp19,5 Triliun

| Senin, 02/04/2018 15:05 WIB
Per Februari 2018, Penyaluran KUR Capai Rp19,5 Triliun Ilustrasi.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, tahun ini anggaran KUR mencapai Rp120 triliun. Pihaknya mencatat realisasi program kredit usaha rakyat (KUR) sudah terserap Rp19,5 triliun dari plafon yang sudah disetujui pada bank penyalur sebesar Rp116,6 triliun.

Artinya, sisa Rp3,4 triliun lagi belum diserap perbankan. Realisasi hingga Februari 2018 tersebut dinilai masih sesuai dengan target pemerintah.

"KUR juga telah tersalurkan sesuai keputusan komite pembiayaan yang mewajibkan diberikan pada sektor produksi yakni pertanian, perikanan, industri, dan jasa-jasa produktif," ujar Iskandar seperti dikutip bisnis.com, Senin, 2 April 2018.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya masih optimistis untuk ke depannya capaian program KUR akan lebih baik lagi. Selain itu, Pemerintah juga telah mendesain program ini semudah mungkin agar menarik banyak minat masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR dituliskan perubahan kebijakan KUR yang diatur dalam peraturan tersebut antara lain penurunan tingkat suku bunga KUR dari 9% menjadi sebesar 7% efektif per tahun ini.

Iskandar menerangkan, pemerintah juga telah meningkatkan target penyaluran KUR di sektor produksi yakni pertanian, perikanan, industri pengolahan, konstruksi, dan jasa produksi. Pada tahun ini, target penyaluran untuk sektor produksi menjadi minimum sebesar 50% dari target total penyaluran sebesar Rp120 triliun.

“Target tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung kebijakan ketahanan pangan dan hilirisasi industri pada sektor UMKM,” tuturnya.

Tags : Kemenko Ekonomi , KUR

Berita Terkait