Tiga Cara Tingkatkan Kualitas SDM Menurut Menaker, Apa Saja?

| Kamis, 28/02/2019 20:35 WIB
Tiga Cara Tingkatkan Kualitas SDM Menurut Menaker, Apa Saja? Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga kerja Asing Kemnaker, Wisnu Pramono menjadi narasumber dalam acara seminar Pekerjaan Masa Depan: Dampaknya Bagi Kaum Muda dan K3 di Jakarta, Kamis (28/2). (Foto: kemnaker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan revolusi industri 4.0 tidak ditentukan oleh kekayaan sumber daya alam yang ada di sebuah negara. Tapi ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Karena itu, hanif mengungkapkan ada tiga cara untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia agar berkualitas dan berdaya saing. Tiga cara tersebut antara lain melalui jalur pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karier.

"Peningkatan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan melalui tiga jalur utama. Pertama, melalui jalur pendidikan, kedua melalui jalur pelatihan kerja, dan ketiga melalui jalur pengembangan karier di tempat kerja," pesan Hanif seperti yang disampaikan oleh Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga kerja Asing Wisnu Pramono dalam acara seminar di Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019.

Jalur pendidikan fokusnya membangun fondasi yang kokoh untuk pengembangan kualitas tenaga kerja. Oleh karena itu, kata Hanif, walaupun secara umum misinya mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi secara khusus juga dapat membangun kerangka dasar kompetisi.

"Jika jalur pendidikan fokusnya membangun fondasi kompetensi dasar tenaga kerja, maka jalur pelatihan kerja berfokus pada pembangunan dan pengembangan pilar-pilar kompetensi kerjanya yang nantinya akan dimantapkan di tempat kerja melalui pengembangan karier dan profesionalisme tenaga kerja," jelasnya.

Dengan demikian, pendidikan, pelatihan kerja dan pengembangan karier di tempat kerja merupakan suatu estafet proses pengembangan kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja. 

Tags : Menaker RI , Revolusi Industri , SDM

Berita Terkait