Akademisi Juga Diharapkan Bantu Tangani Pandemi

| Senin, 29/06/2020 11:30 WIB
Akademisi Juga Diharapkan Bantu Tangani Pandemi Kementerian Keuangan (Doc: Top Bussines)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah saat ini dituntut cepat merespon dan menyusun kebijakan untuk menangani pandemi Covid-19. Dirinya juga menekankan bahwa semua pihak diharapkan bisa berkontribusi pada penanganan pandemi ini, termasuk dari kalangan dan jajaran akademik.

"Tentu seluruh pihak dan stakeholder perlu (berkontribusi). Universitas, Perguruan tinggi memiliki juga responsibility yang luar biasa penting untuk ikut mengawal dan terus memperbaiki kualitas kebijakan dari Pemerintah," ujar Menkeu dalam Webinar, Sabtu 28 Juni 2020.

Bahkan menurut Menkeu, dalam setiap sidang kabinet dalam pembahasan penanganan wabah selama ini, Presiden selalu melibatkan aparat hukum yaitu jajaran Kejaksaan dan Polri, serta juga mengundang jajaran dari KPK, BPK, dan BPKP untuk diajak berdiskusi bersama supaya tetap sejalan dalam membangun transparansi dan akuntabiltas penyusunan kebijakan publik.

Menkeu melanjutkan bahwa beberapa negara yang awalnya terlihat mampu mengendalikan wabah Covid-19, ternyata juga mengalami second wave atau serangan kedua dari wabah tersebut. Dirinya pun menjelaskan jika wabah yang serupa pernah terjadi  pada tahun 1918 lalu, dan dunia-pun belum sepenuhnya bisa belajar dari pandemi satu abad yang lalu itu.

"(Pandemi) yang terakhir terjadi pada tahun 1918. Itupun dunia belum belajar baik dari kejadian 1918, artinya sampai hari ini semua negara baik itu negara maju, negara berkembang, dari sisi timur, barat, selatan dan utara semuanya dalam kondisi yang sangat tidak siap (dalam menghadapi pandemi ini)," jelasnya.

 

Tags : Akademisi , Pandemi

Berita Terkait