IKK Indonesia Rendah, Mendag: Konsumen Enggan Komplain Saat Beli Barang

| Rabu, 09/09/2020 16:49 WIB
IKK Indonesia Rendah, Mendag: Konsumen Enggan Komplain Saat Beli Barang Pembeli di Pusat Perbelanjaan (Doc: Kumparan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menyebut jika Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Masyarakat Indonesia masih berada pada level  mampu. Hal ini diakibatkan masyarakat Indonesia pada umumnya masih enggan untuk melakukan komplain saat membeli barang.

“IKK yang masih rendah ini tergambarkan dengan perilaku konsumen Indonesia yang masih enggan untuk komplain apabila terjadi permasalahan dalam mengkonsumsi barang atau jasa,” ungkap Mendag dalam sebuah diskusi pada September 2020.

Ia menyebutkan sampai pada tahun 2019, IKK Indonesia berada pada poin 41,7 atau baru berada pada level mampu yang artinya konsumen sudah mengenali hak dan kewajibannya serta mampu menentukan pilihan konsumsinya namun belum sepenuhnya aktif dalam memperjuangkan hak dan kewajibannya sebagai konsumen.

“Pada tahun 2020 kami menargetkan IKK ini meningkat sekurang-kurangnya di angka 42,” tambahnya.

Mendag kemudian menghimbau agar masyarakat sebagai penjual dapat lebih bertanggung jawab dan sebagai konsumen dapat berperilaku cerdas, teliti serta memahami hak dan kewajibannya. Hal ini untuk mendorong terciptanya iklim perdagangan yang sehat.

Untuk diketahui, IKK merupakan sebuah parameter bagaimana masyarakat sebuah negara memiliki tingkat keberaniannya sebagai konsumen khususnya jika merasa tidak puas ataupun dirugikan terhadap barang yang dibelinya.

Tags : IKK , Mendag AGUS , Komplain Barang

Berita Terkait