Kemendag Sediakan Pembiayan Ekspor Senilai Rp 16,10 Miliar Bagi UMKM

| Kamis, 05/11/2020 21:06 WIB
Kemendag Sediakan Pembiayan Ekspor Senilai Rp 16,10 Miliar Bagi UMKM Aktivitas Ekspor Impor di Terminal Tanjung Priok (Doc: Kemenperin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sinergi dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk dalam menyediakan pembiayaan ekspor senilai Rp16,10 miliar bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang berorientasi ekspor.

“Pembiayaan ekspor ini diharapkan dapat membantu ‘UKM Naik Kelas’ untuk tetap menggerakkan roda usahanya. Sehingga, mampu berkontribusi dalam peningkatan ekspor nonmigas dan ikut memperbaiki neraca perdagangan dan ekonomi nasional,” kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dalam agenda Penandatangan MoU kedua belah pihak, Kamis 5 November 2020.

Mendag mengatakan pihaknya akan berupaya menjaga keberlangsungan ekspor termasuk produk-produk UKM melalui pemberian stimulus fiskal maupun nonfiskal. Hal ini diharapkan mampu memperbaiki kinerja perdagangan internasional Indonesia dalam waktu yang singkat.

Hal yang sama diungkapkan oleh Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas. Ia akan menyediakan dukungan finansial melalui produk pembiayaan bagi pelaku usaha UKM berorientasi ekspor. Menimbang di masa pandemi ini banyak pelaku usaha yang membutuhkan dukungan finansial maupun nonfinansial.

“Akses pembiayaan ini dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk memulihkan bisnisnya dan bangkit dari keterpurukan akibat perlemahan aktivitas ekonomi yang disebabkan oleh pandemi,” tukas James.

Tags : Mendag , Pembiayaan Ekspor , UMKM