Neraca Dagang September Surplus Ditopang Pulihnya Permintaan

| Selasa, 10/11/2020 09:03 WIB
Neraca Dagang September Surplus Ditopang Pulihnya Permintaan Aktifitas Ekspor Semen (Foto: bisniscom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan jika neraca perdangangan indonesia surplus sepanjang Mei hingga September. Hal ini dapat dilihat melalui perbandingannya dalam dua tahun terakhir.

“Memang ini neraca perdagangan melampui keseluruhan tahun 2017 dan merupakan capaian tertinggi sejak 2012,” ungkap Mendag dalam upadet KPCPEN, Senin 9 November 2020.

Ia mengatakan surplus ini ditopang oleh permintaan komoditas yang terus melaju mengalahkan impor. Faktor lainnya adalah melemahnya impor Indonesia di masa Pandemi.

Sedangkan untuk surplus neraca dagang pada September ini diakibatkan oleh pulihnya permintaan dari mancanegara.

“Peningkatan nilai ekspor khususnya baja di Bulan September ini diakibatkan oleh pulihnya permintaan dari RRT dan Malaysia, hal ini karena mulai pulihnya industri di kedua negara tersebut,” papar Mendag.

Lebih lanjut, ia mengatakan fenomena surplus yang terus terjadi selama lima bulan berturut turut ini merupakan sebuah sinyal positif bagi perekonomian.

“Fenomena surplus ini tentu juga memberikan motivasi bagi pelaku usaha dalam negeri, khususnya UMKM karena saat ini kita juga tengah mendorong melalui banyak insentif juga,” tukas Mendag.

Tags : Mendag , Neraca Dagang Surplus