Airlangga: Sektor Keuangan Mulai Tunjukkan Tren Perbaikan

| Rabu, 16/12/2020 10:34 WIB
Airlangga: Sektor Keuangan Mulai Tunjukkan Tren Perbaikan Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto (Foto: Menko Perekonomian)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan jika sektor keuangan sudah mulai mengalami tren perbaikan.

Perbaikan ini terindikasi dari kinerja IHSG, nilai tukar, dan aliran modal asing yang terus meningkat sepanjang Desember ini.

Airlangga mencatat hingga 14 November, Indeks Saham terus tumbuh signifikan hingga 58 persen, khususnya pasca penurunan tajam di Bulan Maret.

“Pencapaian positif ini mencerminkan ketahanan sektor eksternal kita yang masih kuat dan optimisme terhadap prospek perekonomian ke depan,” tutur Airlangga dalam webiner daring, 14 Desember 2020.

Lebih lanjut, ia mengatakan Pelaksanaan Program PEN per 9 Desember 2020 juga telah mencapai kemajuan signifikan. Dukungan terhadap industri jasa keuangan juga telah diberikan antara lain penempatan dana dan restrukturisasi kredit/pembiayaan.

“Penempatan dana pada perbankan telah mendorong inovasi kredit perbankan, mulai dari digitalisasi proses penyaluran kredit UMKM hingga kredit mikro untuk komunitas rumah ibadah. Sementara, program restrukturisasi kredit/pembiayaan telah membantu meningkatkan kualitas kredit dari pelaku usaha yang terdampak Covid-19,” demikian tukas Airlangga.

Tags : Airlangga Hartanto , Sektor Keuangan

Berita Terkait