BI: Kinerja Penjualan Eceran Bulan Januari Positif

| Rabu, 10/02/2021 10:57 WIB
BI: Kinerja Penjualan Eceran Bulan Januari Positif Penjual Eceran di Pasar Rakyat (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia (BI) merilis hasil survey penjualan eceran periode Desember 2020.

BI mencatat adanya perbaikan kinerja pada sebagian besar kelompok komoditas. Perbaikan ini salah satunya dipicu oleh kenaikan permintaan dalam rangka hari raya Natal dan Tahun Baru.

“Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember 2020 yang tumbuh 4,8% (mtm), membaik dari -1,2% (mtm) pada November 2020,” sambung Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Selasa 9 Februari 2021.

Kendati demikian, kenaikan permintaan tidak setinggi periode yang sama tahun sebelumnya, sehingga secara tahunan, kinerja penjualan eceran periode Desember 2020 mengalami kontraksi dengan pertumbuhan IPR sebesar -19,2% (yoy), atau lebih dalam dari -16,3% (yoy) pada bulan sebelumnya.

BI memperkirakan kinerja penjualan eceran periode Januari tetap terjaga ditopang dengan kinerja permintaan.

“IPR Januari 2021 diprakirakan menurun sebesar -1,8% (mtm) sejalan dengan faktor musiman permintaan masyarakat yang menurun pasca HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional), di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali, serta faktor musim/cuaca dan bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah,” tutur Erwin.

Tags : Kinerja BI , Penjualan Eceran

Berita Terkait