Wapres Maruf Amin Resmikan Bank Wakaf Mikro di Ponpes Cipasung

| Selasa, 08/06/2021 17:23 WIB
Wapres Maruf Amin Resmikan Bank Wakaf Mikro di Ponpes Cipasung Wakil Presiden KH Maruf Amin meresmikan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat sekaligus menghadiri acara Rembuk Nasional Vokasi dan Peresmian BLK Komunitas Ponpes Cipasung, Selasa (8/6). (Foto: twitter @KemnakerRI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa, 8 Juni 2021. Adapun pendirian BWM ini merupakan langkah bersama pemerintah dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong pengembangan usaha mikro syariah serta pemberdayaan masyarakat sekitar Ponpes.

"(Semoga) Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pesantren Cipasung ini dapat segera beroperasi mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di pesantren sekaligus mendorong peran pemberdayaan sosial ekonomi Pesantren Cipasung bagi masyarakat sekitarnya," kata Kiai Maruf dalam sambutannya.

Dijelaskannya, Pesantren yang jumlahnya mencapai hampir 29 ribu dan tersebar di berbagai tempat di Tanah Air memiliki potensi besar dan mempunyai fungsi strategis di dalam pendampingan untuk mendorong pemberdayaan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitarnya. Sehingga, Pesantren tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan dakwah, tapi juga menjadi pusat pengembangan ekonomi masyarakat.

“Sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, BWM didirikan untuk menyediakan akses permodalan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses kepada lembaga keuangan formal serta berperan untuk memberdayakan komunitas di sekitar pesantren dengan pola pendampingan,” ujarnya.

Kiai Maruf berharap, dengan konsep tersebut maka dapat secara nyata mendukung upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah. “Target nasabah pembiayaan BWM adalah masyarakat miskin produktif yang tidak dapat mengakses lembaga keuangan formal. BWM hadir sebagai inkubator untuk mempersiapkan nasabah agar nantinya naik kelas menjadi pelaku usaha yang mampu mengakses lembaga keuangan formal dengan persyaratan pembiayaan yang lebih komplek, jadi sebagai anak tangga,” tandasnya.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Setkab RI, peresmian BWM ini dilakukan bersamaan dengan acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan serta Peresmian BLK Komunitas Tahun 2020. Turut hadir Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Bank Wakaf Mikro , Pesantren