BI: Inflasi Akhir Juni Tetap Stabil

| Rabu, 30/06/2021 10:13 WIB
BI: Inflasi Akhir Juni Tetap Stabil Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mengeluarkan pernyataan bahwa inflasi pada minggu ke IV Juni berada dalam kondisi stabil.

Dari Survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) khusunya pada pemantuan harga, perkembangan harga pada masih relatif terkendali dan diperkirakan deflasi 0,11% (mtm). 

”Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Juni 2021 secara tahun kalender sebesar 0,79% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,38% (yoy),” Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono dalam keterangannya, Rabu 30 Juni 2021.

Diperkirakan, penyumbang utama deflasi Juni 2021 sampai dengan minggu keempat adalah komoditas cabai merah -0,10% (mtm), daging ayam ras -0,08% (mtm), tarif angkutan antarkota -0,06% (mtm), cabai rawit -0,04% (mtm), bawang merah -0,02% (mtm), daging sapi, kelapa, tomat, udang basah dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar -0,01% (mtm).

Sedangkan beberapa komoditas mengalami inflasi, antara lain telur ayam ras sebesar 0,03% (mtm) emas perhiasan sebesar 0,02% (mtm) minyak goreng, sawi hijau, kacang panjang, nasi dengan lauk dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01% (mtm). 

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

 

Penguatan itu akan disusul dengan langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Tags : Inflasi Juni , Inflasi BI

Berita Terkait