Kinerja Penjualan Eceran Bulan Juni Menurun

| Kamis, 12/08/2021 13:10 WIB
Kinerja Penjualan Eceran Bulan Juni Menurun Penjual Eceran di Pasar Rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kinerja penjualan eceran dlaporkan menurun pada Bulan Juni 2021.

Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) Juni 2021 mengalami kontraksi 12,8% (mtm), lebih rendah dari 3,2% (mtm) pada Mei 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan turunnya kinerja penjualan eceran lantaran turunnya permintaan masyarakat sejalan dengan kembali normalnya konsumsi masyarakat pasca Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri, khususnya pada Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

“itu mengindikasikan kinerja penjualan eceran terbatas dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya,” kata Onny dalam keterangannya, Kamis 12 Agustus 2021.

Sedangkan pada Juli 2021 diperkirakan kinerja penjualan eceran akan lebih baik.

“Responden memprakirakan kinerja penjualan eceran secara bulanan membaik. Hal ini tercermin dari berkurangnya kontraksi IPR Juli 2021 secara bulanan menjadi sebesar -8,3% (mtm), membaik dari -12,8% (mtm) pada Juni 2021,” sambung Erwin.

Perbaikan itu terjadi di kinerja penjualan Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau. Sementara permintaan untuk kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau diprakirakan masih cukup baik didukung berbagai strategi seperti penjualan secara online/pesan antar yang meningkat seiring dengan kebijakan pembatasan mobilitas.

 

Tags : Penjualan Eceran , Kinerja Penjualan Eceran

Berita Terkait