Erick Thohir Kaji Pembubaran 19 BUMN Yang Sekarat

| Senin, 23/08/2021 11:14 WIB
Erick Thohir Kaji Pembubaran 19 BUMN Yang Sekarat Erick Thohir (Menteri BUMN). (Foto: twitter @KemnakerRI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana membubarkan sejumlah BUMN. Dalam prosesnya, BUMN-BUMN yang masuk kategori sekarat dititipkan di Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA.

Sekretaris Perusahaan PPA Agus Widjaja mengatakan, PPA mendukung arahan Menteri BUMN Erick Thohir dalam penanganan BUMN sekarat. Kendati begitu, Agus mengaku belum dapat membeberkan proses pembubaran sejumlah BUMN lantaran masih dalam tahap kajian.

"Sampai saat ini masih dikaji. Bila kajiannya sudah selesai pasti kita sampaikan secara resmi," ujar Agus seperti dikutip dari Republika, Senin 23 Agustus 2021.

Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi  mengatakan, PPA telah menerima Surat Kuasa Khusus (SKK) dari Menteri BUMN untuk melakukan restrukturisasi BUMN sejak 30 September 2020.

SKK tersebut memberikan tugas kepada PPA melakukan tindakan yang menjadi kewenangan atau hak pemegang saham (Kementerian BUMN) kepada 21 BUMN antara lain PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT Industri Glas (Persero), PT Kertas Leces (Persero), PT Djakarta Lloyd (Persero), Indah Karya (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), PT Industri Sandang Nusantara (Persero), PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), dan PT Barata Indonesia (Persero).

"Sebagai salah satu langkah konkret selaku penerima SKK, PPA menginisiasi penempatan tenaga kerja berpotensi dari BUMN restrukturisasi yang sedang idle kepada BUMN bertumbuh yang mana membutuhkan tambahan tenaga kerja terampil," ujar Yadi pada Februari lalu.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengakui saat ini sedang mengkaji 19 BUMN yang memang sudah mati suri sejak 2008 silam. Tujuh di antaranya rencananya akan dibubarkan

"BUMN yang di bawah penanganan PPA memang sudah dari 2008 itu mati suri. Jadi, yang dibubarkan bukan BUMN yang beroperasi," ujar Erick.

 

Tags : Pembubaran BUMN , Erick Thohir

Berita Terkait