PON Papua 2021, Menkop Harapkan Mampu Gerakkan UMKM Lokal

| Selasa, 14/09/2021 18:40 WIB
PON Papua 2021, Menkop Harapkan Mampu Gerakkan UMKM Lokal Menkop UKM Teten Masduki (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap penyelenggaraan PON XX Papua 2021 mampu mengerek produk UMKM lokal.

“Papua memiliki beragam narasi yang sangat kaya dan produk yang potensial. Besar harapan saya, momen PON Papua 2021 ini dapat kita optimalkan untuk memunculkan UMKM lokal unggulan Papua agar berjaya di dalam negeri, serta siap bersaing di pasar ekspor,” ujar Teten saat membuka gelaran Smesco Papua Event dengan tema “PON XX Papua 2021 Sukses, Torang Bisa! UMKM/IKM Naik Kelas” secara daring, Selasa 14 Agustus 2021.

Teten berharap PON XX Papua 2021 ini dapat menjadi pembuka dalam sinergi antara pemerintah, pemerintah provinsi papua hingga pelaku UMKM Papua, Mama-mama pedagang pasar, dan kurasi produk UMKM lokal Papua. 

Lebih lanjut, Teten mengatakan, PON XX Papua 2021 sekaligus dapat menjadi momentum untuk para pelaku UMKM Papua terhubung ke banyak akses usaha seperti pembiayaan, bahan baku, pasar, hingga mitra agregator yang memastikan inisiatif ini dapat berkelanjutan. 

Teten menggarisbawahi pentingnya terhubung dalam ekosistem daring, agar UMKM Papua bertransformasi digital. Saat ini jumlah UMKM yang telah hadir dalam ekosistem digital mencapai 15,3 juta (23,9%) atau naik 7,3 juta selama pandemi dari target 30 juta UMKM di 2024. 

“Bahkan riset World Bank menyebutkan 80% UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di tengah pandemi,” ujar MenKopUKM. 

Smesco Indonesia sendiri sedang membangun ekosistem transformasi UKM masa depan, salah satunya Smesco Hub Timur yang tentu diharapkan dapat menjadi solusi logistik UMKM di Papua, dukungan ekspor, pembiayaan, dan bentuk pendampingan lainnya. Papua juga memiliki bibit unggul di bidang ekonomi kreatif. 

“Generasi muda kreatif inilah yang nantinya akan menjadi kunci dalam melahirkan pewirausaha berbasis kreativitas dan teknologi ke depannya,” tutupnya.

Tags : UMKM Papua , PON Papua

Berita Terkait