Turut Sejahterakan Rakyat, BLU Diharapkan Tumbuh, Adaptif dan Inovatif

| Rabu, 17/11/2021 21:00 WIB
Turut Sejahterakan Rakyat, BLU Diharapkan Tumbuh, Adaptif dan Inovatif Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara (foto: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa Badan Layanan Umum (BLU) memiliki peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan rakyat.

"BLU sebagai suatu lembaga yang sangat fleksibel di Indonesia menerima cukup banyak mandat di sejumlah bidang yang berpengaruh sangat penting bagi kesejahteraan rakyat,” jelas Wamenkeu Suahasil Nazara dalam keterangan tertulisnya, Rabu 17 November 2021.

Menurut Wamenkeu Nazara, peran BLU sangat dirasakan oleh masyarakat. Pemerintah akan terus mendorong BLU dalam mengembangakan aktivitas bisnisnya.

"Dalam kurun waktu satu dekade terakhir telah terjadi peningkatan jumlah instansi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLU (PPK-BLU). Hingga saat ini tercatat ada 252 instansi pemerintah yang menerapkan PPK-BLU," ungkapnya.

Kondisi ini juga diiringi dengan peningkatan kontribusi PNBP BLU terhadap total PNBP Nasional. Untuk itu, kata Nazara, BLU diharapkan terus tumbuh, adaptif, inovatif dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat terutama dalam situasi pandemi saat ini.

"Saat ini BLU yang sudah berkembang tidak hanya ada di bidang kesehatan dan pendidikan saja namun juga ada pada bidang pengelolaan dana, bidang pembangunan daerah serta BLU-BLU lain yang diperuntukkan untuk menunjang pengembangan UMKM di Indonesia," katanya.

Tags : BLU , Kemenkeu

Berita Terkait