Indonesia Siap Masuki Era Kendaraan Listrik

| Rabu, 23/02/2022 15:03 WIB
Indonesia Siap Masuki Era Kendaraan Listrik Presiden Jokowi meninjau kendaraan listrik Gesit (Foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta yang bersinergi untuk mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia.

“Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk memasuki era kendaraan listrik,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya, Rabu 23 Februari 2022.

Agus Gumiwang menyampaikan, pihaknya mendukung penuh pembangunan ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Langkah strategis ini diharapkan agar Indonesia menjadi negara yang mampu merajai atau menjadi produsen kendaraan listrik yang berdaya saing global.

“Seperti yang disampaikan Bapak Presiden, pemerintah sangat serius untuk masuk pada energi baru terbarukan, termasuk menuju pada kendaraan listrik,” ujarnya.

Pada peta jalan industri otomotif nasional, Kemenperin menetapkan 20 persen penggunaan kendaraan berbasis baterai listrik pada tahun 2025, seiring dengan upaya industri otomotif yang terus melakukan efisiensi untuk jenis teknologi Internal Combustion Engine (ICE), Hybrid, dan Plug-in Hybrid.

“Ke depan, teknologi fuel cell berbasis hydrogen juga telah terdapat dalam peta jalan industri otomotif nasional, dengan semangat untuk menuju produksi industri kendaraan ramah lingkungan,” ujarnya.

Tags : Kendaraan Listrik , Kemenperin

Berita Terkait