Libur Idul Fitri, Pemerintah Minta Pedagang Tak Naikkan Harga Berlebihan

| Kamis, 21/04/2022 17:01 WIB
Libur Idul Fitri, Pemerintah Minta Pedagang Tak Naikkan Harga Berlebihan Pelaku Usaha Industri Kecil Menengah (Doc: Nalar)

RADARBANGSA.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengingatkan agar pelaku ekonomi kreatif tidak memanfaatkan momen libur lebaran 2022 secara berlebihan dengan menaikkan harga jual produk.

"Menaikkan harga itu pantas, tapi harus yang wajar. Karena kalau `getok harga` orang akan kapok. Belajar dari pengalaman para usahawan yang sukses, mereka lebih baik untungnya lebih sedikit tapi memanjang. Kalau untungnya besar tapi hanya di satu kali lebaran, mereka akan dirugikan. Itu pesan saya kepada pelaku usaha dan UMKM di daerah," kata Sandiaga Uno, dalam keterangan resmi Kamis 21 April 2022.

Pemerintah sendiri memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran tahun 2022 akan mencapai Rp72 triliun. Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang. 

"Sehingga dampak Rp72 triliun terhadap ekonomi daerah ini bisa kita realisasikan, (produk ekonomi kreatif) ini menggerakkan ekonomi jika dibeli oleh para pemudik. Jadi yang mudik ke Bangka, balik ke sini, beli produk lokal baik kuliner kriya, fesyen, dan juga produk unggulan ekonomi kreatif Bangka Belitung lainnya," pungkas Sandiaga. 

 

 

 

Tags : sandiaga , pedagang , libur

Berita Terkait