Progam Solar Nelayan Diluncurkan di 7 Titik

| Selasa, 06/09/2022 11:45 WIB
Progam Solar Nelayan Diluncurkan di 7 Titik Ilustrasi Nelayan sedang mencari ikan (foto: Mongabay)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah resmi meluncurkan Program Solar untuk Koperasi Nelayan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program ini dibentuk untuk agar setiap nelayan mendapatkan harga BBM yang terjangkau.

"Kita akan meluncurkan program solusi nelayan di mana program ini adalah Program Solar untuk Koperasi Nelayan,” ujar Erick dalam keterangan pers di Kementerian BUMN, Jakarta 6 September 2022.

Adapun Program Solar ini akan dilakukan terlebih dahulu di 7 titik yaitu di Lhoknga (Aceh), Deli Serdang, Indramayu, Pekalongan, Semarang,  Surabaya, dan Lombok Timur. 

Erick menilai Program Solar untuk Koperasi Nelayan akan memberikan BBM secara lebih terjangkau dan tepat sasaran bagi nelayan yang membutuhkan. Sebab koperasi nelayan memiliki data nelayan per nama dan alamat. Dengan kebijakan itu, maka solar bersubsidi bisa lebih tepat sasaran.

Menurut Erick, program di tujuh lokasi ini adalah pilot project. Jika sukses selama tiga bulan, maka program ini akan menjadi kebijakan nasional di seluruh nusantara.

Erick menegaskan bahwa program ini sesuai dengan semangat dan amanah Presiden Jokowi agar pemerintah hadir memberi solusi di tengah kebutuhan masyarakat.

"Kita mulai secara bertahap untuk membantu nelayan yang membutuhkan. Kita buktikan pemerintah hadir, pemerintah memberikan solusi untuk nelayan," ujar Erick.

 

Tags : Solar , BBM , Nelayan

Berita Terkait