Nilai Dagang Industri Pernikahan Capai USD 4 Miliar di 2019

| Jum'at, 30/09/2022 15:38 WIB
Nilai Dagang Industri Pernikahan Capai USD 4 Miliar di 2019 Dekorasi Pernikahan (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Nilai perdagangan industri pernikahan domestik dilaporkan mencapai lebih dari 4 miliar dolar AS pada tahun 2019, angka ini lantas terus menanjak hingga 20 hingga 30 persen di tahun 2020.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno lantas mengatakan nilai dagang ini bisa terus dioptimalkan khususnya setelah pandemi berakhir.

 “Jadi ini adalah peluang yang sangat besar yang bisa diambil oleh pelaku industri untuk memajukan industri wedding dan menjadi lokomotif penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas. Juga mendorong kehadiran pariwisata berkelanjutan,” kata Menparekraf dalam keterangan tertulisnya, Jumat 30 September 2022.

Industri pernikahan ini dinilai sangat potensial mengingat mampu memberdayakan 200 hingga 300 pekerja. Tak hanya itu industri pernikahan juga merangkul industri kreatif lainnya sekaligus seperti fotografer, vidiografer, fesyen desainer, make up artist, food and beverage, hingga suvenir. 

“Saya yakin wedding industry membawa dampak pada peningkatan ekonomi tidak hanya di Bali tetapi seluruh Indonesia,” sambung Sandi lagi.

 
Tags : industri pernikahan , wedding organizer

Berita Terkait