NFA: Beras Masuk Komoditas yang Harganya Fluktuatif

| Rabu, 16/11/2022 19:29 WIB
NFA: Beras Masuk Komoditas yang Harganya Fluktuatif Ilustrasi beras.

RADARBANGSA.COM - Badan Pangan Nasional (NFA) menyebut bahwa beras merupakan salah satu komoditas strategis yang harganya cukup fluktuatif.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, menjelaskan mengingat harganya yang fluktuatif, komoditas ini akan terus dipantau karena sangat berpengaruh pada angka inflasi.

"Langkah stabilisasi harga beras dilakukan dengan extra effort sejalan dengan pengendalian inflasi pangan di mana beras merupakan salah satu komoditas strategis yang fluktuatif," kata Adi dalam keterangan tertulisnya, Selasa16 November 2022.

Dalam rangka keberlanjutan, Arief mengatakan pihaknya terus meningkatkan aksi stabilisasi harga beras melalui operasi pasar atau program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang dilakukan Perum BULOG di sejumlah lokasi.

Aksi KPSH tersebut dilakukan di 34 provinsi, dengan jumlah realisasi tertinggi di Jawa Timur sebanyak 156 ton, disusul Sulawesi Selatan dan Barat 118 ribu ton, Jawa Tengah 107 ribu ton, Jawa Barat 97 ribu ton, dan DKI Jakarta dan Banten 55 ribu ton. Sedangkan untuk realisasi di provinsi lain jumlahnya bervariasi dari rentang 3 ribu ton sampai dengan 42 ribu ton.

“Upaya stabilisasi ketersediaan dan harga beras ini merupakan bagian dari intervensi dan kehadiran pemerintah untuk mengendalikan harga beras di tingkat konsumen yang terindikasi mengalami kenaikan di atas harga eceran tertinggi (HET) belakangan ini. Kondisi ini tidak terlepas dari naiknya biaya produksi seperti pupuk, serta biaya angkut,” tandas Arief.

 

 

Tags : beras , komoditas , fluktuatif