Cadangan Beras Menipis

| Kamis, 08/12/2022 10:40 WIB
Cadangan Beras Menipis Beras Impor di salah satu gudang Perum Bulog. (Foto: klikpositifcom)

RADARBANGSA.COM - Badan Pangan Nasional (NFA) melaporksn total cangan beras Bulog tersisa 494,2 ribu ton. 

Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi, merinci stok ini terdiri dari stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang digunakan untuk operasi pasar hanya 295,3 ribu ton dan sisanya beras komersial 198,8 ribu ton.

Untuk mengatasi penipisan CBP, pihaknya akan mengkonversi stok beras komersial di Bulog menjadi CBP sehingga seluruh cadangan beras di Bulog dapat digunakan untuk operasi pasar.

"Kami sudah bersurat untuk mendorong stok komersial itu bisa dikonversi menjadi CBP sehinga bisa melakukan intervensi," kata Arief seperti dikutip Republika, Kamis 8 Desember 2022.

Sebelumnya NFA mengejar target stok 1,2 juta ton beras CBP di akhir tahun 2022. Hal ini dilakukan agar stok beras tercukupi dan harga beras bisa lebih terkendali di sisa tahun. 

“Kita terus mendorong peningkatan stok beras BULOG sampai dengan 1,2 juta ton di akhir tahun ini. Hal ini penting untuk menjaga ketahanan pangan kita serta memastikan pemerintah memiliki cadangan yang cukup untuk melakukan intervensi pasar, sehingga harga beras terkendali,” tandas dia.

Tags : Cadangan Beras , Stok Beras

Berita Terkait