Pemerintah Targetkan Motor Listrik Bisa Terjual 150 Ribu Unit Tahun ini

| Rabu, 01/03/2023 21:46 WIB
Pemerintah Targetkan Motor Listrik Bisa Terjual 150 Ribu Unit Tahun ini Motor Listrik VIAR (foto:oto.com)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah menyiapkan paket subsidi motor listrik berupa potongan harga Rp7 juta per unitnya. Langkah tersebut dilakukan untuk mendongkrak penjualan kendaraan elektrik (EV) di Tanah Air.

Staf Ahli Utama Menteri Perhubungan (Menhub) Bidang Transportasi Darat dan Konektivitas, Budi Setiyadi mengatakan, pemerintah menargetkan 150 ribu motor listrik terjual di Indonesia selama tahun ini. Menurutnya, target tersebut akan mudah tercapai saat subsidi telah resmi diterbitkan.

"Saya berharap subsidi bisa terus mendorong penjualan motor listrik di Indonesia, ya. Karena kan targetnya (motor listrik) terjual 150 ribuan unit sepanjang tahun ini," ujarnya dikutip dari detik.com, Rabu, 1 Maret 2023.

Akan tetapi, Budi mengatakan kalau penjualan motor listrik di Indonesia masih jauh dari kata mengesankan. Pasalnya, sejak 2019 hingga 2022, kendaraan nonemisi ini baru terjual sebanyak 30 ribu unit. Padahal, motor bensin telah terjual puluhan juta unit di periode yang sama.

"Dari mulai 2019 sampai 2022 itu sekitar 30.800-an unit motor listrik (yang terjual di Indonesia). Memang dibandingkan motor ICE, itu sangat jauh sekali. Hanya beberapa persen saja. Karena kan yang ICE itu sampai 29 jutaan selama tiga tahun," tutur Budi.

"Kita sudah punya target apa yang menjadi keinginan pemerintah akan kita coba wujudkan. Kalau untuk tataran regulasi sudah bagus, tapi kalau pada tataran produksi, ada beberapa hambatan yang dialami teman-teman sekalian," tambahnya.

Tags : Motor Listrik , Indonesia , Kemenhub

Berita Terkait