Utang Indonesia Turun 1,9% pada Triwulan I 2023

| Selasa, 16/05/2023 08:01 WIB
Utang Indonesia Turun 1,9% pada Triwulan I 2023 Mata uang Dolar AS. (Foto: tribunnewscom)

RADARBANGSA.COM - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan I 2023 tercatat sebesar USD402,8 miliar. Dengan perkembangan tersebut secara tahunan ULN turun 1,9% (yoy), melanjutkan penurunan pada triwulan sebelumnya sebesar 4,1% (yoy).

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan kontraksi pertumbuhan ini bersumber dari ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) dan swasta. Perkembangan posisi ULN pada triwulan I 2023 juga dipengaruhi oleh faktor perubahan akibat pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, termasuk rupiah.

Dikatakan posisi ULN pemerintah pada triwulan I 2023 tercatat sebesar USD194,0 miliar atau secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 1,1% (yoy) atau lebih rendah dibandingkan dengan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 6,8% (yoy).

"Perkembangan ULN tersebut dipengaruhi oleh penempatan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik seiring dengan sentimen positif pelaku pasar global yang tetap terjaga. Selain itu, terdapat penarikan neto pinjaman luar negeri multilateral yang digunakan untuk mendukung pembiayaan program dan proyek," ujar Erwin dalam keterangannya, Senin 15 Mei 2023.

ULN swasta juga mengalami kontraksi dan lebih dalam dengan posisi di level USD199,4 miliar atau secara tahunan mengalami kontraksi 3,0% (yoy). Kontraksi ini lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 1,7% (yoy).

Pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (nonfinancial corporations) dan lembaga keuangan (financial corporations) masing-masing mengalami kontraksi 2,9% (yoy) dan 3,5% (yoy). Kontraksi ini lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi triwulan lalu yang masing-masing tercatat 1,4% (yoy) dan 2,7% (yoy).

"Struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. ULN Indonesia pada triwulan I 2023 tetap terkendali, tecermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap stabil di kisaran 30,1%," ulasnya. 

Tags : ULN , Utang Luar Negeri ,