Nippon Shokubai Bangun Pabrik Ketiga di Cilegon

| Rabu, 24/05/2023 10:43 WIB
Nippon Shokubai Bangun Pabrik Ketiga di Cilegon Ilustrasi.

RADARBANGSA.COM - Perusahaan produsen Superabsorbent Polymer (SAP) pertama dan satu-satunya di Indonesia, PT Nippon Shokubai Indonesia (PT NSI) membangun pabrik di Wilayah Cilegon, Jawa Barat. 

Pendirian pabrik baru ini dilakukan guna menjaga pasokan Acrylic Acid dalam negeri menyusul permintaan domestik yang meningkat sekaligus menambah potensi pasar ekspor.

“Kami sangat menghargai dan mengapresiasi investasi perluasan pabrik Acrylic Acid yang dilakukan oleh PT NSI yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, tetapi akhirnya berhasil dilaksanakan dengan baik,” kata Plt Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Ignatius Warsito pada peresmian perluasan pabrik 3AA PT Nippon Shokubai Indonesia di Cilegon, Banten, Selasa 23 Mei 2023.

PT NSI menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia dan Asia Tenggara yang memproduksi Acrylic Acid dan Acrylic Esters, sekaligus merupakan produsen Superabsorbent Polymer (SAP) pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Acrylic Acid dan Acrylic Esters merupakan bahan kimia intermediate yang pemanfaatannya sangat luas, antara lain untuk bahan baku pada industri emulsi, polimer dan resin, akrilik fiber, dan poliolefin kopolimer.

Sedangkan SAP digunakan sebagai absorbent material pada disposable baby diapers atau popok sekali pakai.

Nippon Shokubai Group memiliki 20 persen pangsa pasar dunia untuk produk SAP, sehingga menjadikan Nippon Shokubai Group sebagai pemasok terbesar SAP di dunia.


 

Tags : Nippon , NSI

Berita Terkait