Dorong Substitusi LPG, Pemerintah Bangun Pabrik Biogas di Lombok

| Rabu, 23/08/2023 18:58 WIB
Dorong Substitusi LPG, Pemerintah Bangun Pabrik Biogas di Lombok Stok Gas LPG (Doc: Palangkaraya)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah membangun Pabrik Biogas di Lombok Barat. Pabrik ini akan mengolah sampah pertanian berupa tongkol jagung menjadi bahan baku pembuatan CBG. Nantinya produk pabrik biogas akan digunakan sebagai substitusi LPG (Liquified Petroleum Gas), yang akan dimanfaatkan oleh industri hotel, restoran dan cafe (HORECA). 

Pabrik CBG ini mampu menghasilkan hingga 10 ton CBG per hari, dan diharapkan dapat menurunkan emisi sebesar 5.448 ton CO2 per tahun, menyerap tenaga kerja, meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan, dan menyelesaikan permasalahan sampah.

Usai melakukan prosesi peletakan batu pertama, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, Pabrik CBG ini mewakili dua isu penting yaitu industrialisasi dan zero waste. Kedua hal ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Provinsi NTB memiliki target yang ambisius untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 dimana target tersebut diimplementasikan ke dalam 3 program, yaitu Green Tourism, Green Energy dan Green Industry.

"Provinsi NTB memiliki target ambisius untuk mencapai target penurunan emisi sebesar 3 juta ton CO2, karenanya kita harus mulai mengolah limbah kita menjadi bermanfaat seperti tongkol jagung yang jumlahnya melimpah di NTB sehingga memiliki nilai tambah, dalam hal ini diubah menjadi CBG", ujar Zul dalam keterangan tertulis, 23 Agustus 2023.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Investasi dan Kerja Sama Bioenergi Ditjen EBTKE Trois Dilisusendi mengatakan pabrik CBG di Lombok Barat ini akan mengisi kebutuhan elpiji untuk industri dan komersial di NTB. Dengan demikian, NTB menjadi mandiri energi serta mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dalam percepatan target nol emisi karbon.

"NTB miliki potensi besar biomassa dari limbah pertanian, terutama tongkol jagung yang mencapai 180 ribu ton, dengan teknologi dapat dimanfaatkan menjadi CBG. Pemerintah pusat terus mendorong pemanfaatan biogas, salah satunya dukungan kebijakan pengadaan biogas sebagai bahan bakar lain", ungkap Trois.

 

Tags : Biogas , pengganti LPG

Berita Terkait