Tantang Menko Marves Debat Terbuka, Faisal Basri: Hilirisasi Konsep Sesat!

| Senin, 05/02/2024 21:10 WIB
Tantang Menko Marves Debat Terbuka, Faisal Basri: Hilirisasi Konsep Sesat! Faisal Basri (Ekonom). (Foto: independensicom)

RADARBANGSA.COM - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjdaitan ditantang debat soal hilirisasi oleh Ekonom Senior Indef Faisal Basri. Dia kembali mengkritik program hilirisasi yang dijalankan pemerintah. Sebab menurutnya, program hilirisasi tersebut memiliki konsep yang sesat.

Dia pun menyayangkan, tidak adanya calon presiden (capres) yang menyebutkan bahwa hilirisasi itu sebagai konsep yang sesat dalam debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar Minggu (4/2) semalam.

"Hilirisasi itu konsep yang sesat. Nggak ada yang bilang sesat itu, nggak ada (di debat pilpres). Konsep yang sangat sesat itu," tegasnya dalam diskusi publik Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) bertema "Tanggapan atas Debat Kelima Pilpres" di Hotel Manhattan, Jakarta, Senin, 5 Februari 2024.

Faisal pun menantang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk berdebat demi bisa membuktikan bahwa program hilirisasi itu memiliki konsep yang sesat. Faisal bahkan mengaku akan mengajak Co-Captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong dalam debat tersebut.

"Saya bisa debat deh dengan Luhut secara terbuka gitu. Anda organisir aja. Saya sama Tom Lembong deh berdua, lawan Luhut Pandjaitan dengan Seto (Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves)," tegasnya.

"Semua bisa selesai menunjukkan betapa sesatnya hilirisasi ini. Jadi cuma gimik-gimik aja lah. Itu yang saya sedih tidak dibicarakan yang namanya industrial policy, yang penting hilirisasi," pungkasnya.

Tags : Faisal Basri , Hilirisasi , Menko Marves , Indonesia

Berita Terkait