Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Lancarkan Pencernaan

| Kamis, 11/11/2021 23:08 WIB
Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Lancarkan Pencernaan Air Hangat. (Foto: hellosehatcom)

RADARBANGSA.COM - Minum air hangat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Air putih membantu sel tubuh lebih cepat dalam menyerap nutrisi dan melawan infeksi.

Air putih bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin karena keduanya baik untuk tubuh. Berikut manfaat air hangat untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Ketika seseorang kurang asupan air putih, maka usus kecil akan menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan tubuh dehidrasi dan dapat memicu sembelit.

Dilansir dari Medical News Today, dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi kronis. Sembelit dapat membuat buang air besar terasa sakit dan menyebabkan masalah lain termasuk perut kembung hingga wasir.

Minum air hangat dapat membantu memecah makanan lebih cepat daripada meminum air dingin. Hal ini mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

2. Detoks tubuh

Beberapa pendukung kesehatan alami dunia berpendapat bahwa air hangat dapat membantu detoksifikasi tubuh. Air yang cukup panas untuk menaikkan tubuh seseorang bisa menyebabkan keringat.

Dengan berkeringat, maka tubuh mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat adalah vasodilator, yang berarti dapat memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasinya. Hal ini dapat membantu otot terasa rileks dan mengurangi rasa sakit.

Meskipun tidak ada penelitian lebih lanjut yang menghubungkan air hangat dengan perbaikan sirkulasi darah, namun perbaikan singkat dalam sirkulasi dapat mendukung aliran darah yang lebih baik ke otot dan organ.

4. Menurunkan berat badan

Ada banyak manfaat air putih untuk diet yang telah didukung oleh sejumlah penelitian. Air putih dipercaya dapat menimbulkan rasa kenyang sebelum makan.

Air putih hangat juga membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 menemukan bahwa beralih dari minum air dingin ke air hangat dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Peneliti menemukan bahwa 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. Menaikkan suhu air dapat menyumbang 40 persen dari peningkatan metabolisme tubuh.

Peningkatan metabolisme ini berlangsung selama 30-40 menit setelah mengonsumsi air putih hangat.

5. Menurunkan stres

Segelas air hangat yang menenangkan dapat membantu orang mengelola stres dan kecemasan. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi cairan panas, seperti teh atau kopi, dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas.

Studi tersebut berpendapat bahwa beberapa efeknya disebabkan oleh kafein. Namun, kehangatan juga berperan dalam meningkatkan mood.

Tags : Air Putih , Kesehatan , Tubuh

Foto Terkait