Raja Arab Saudi Ajak NU Lestarikan Islam Moderat

| Jum'at, 04/05/2018 20:01 WIB
Raja Arab Saudi Ajak NU Lestarikan Islam Moderat Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menerima kunjungan Imam Masjidil Haram Syekh Soleh bin Abdullah bin Humaid. (Dok PBNU)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz mengajak Nahdlatul Ulama bersama-sama menjaga kelestarian Islam moderat. Ajakan itu disampaikan oleh Imam Masjidil Haram Syekh Soleh bin Abdullah bin Humaid yang merupakan utusan resmi kerajaan Arab Saudi.

"Raja Arab Saudi mengajak Nahdlatul Ulama lestarikan Islam wasathiyah (moderat)," kata Syekh Soleh saat bersilaturahmi ke PBNU, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Mei 2018.

Menurut Syekh Soleh, ulama memiliki peran yang tinggi dalam menyebarluaskan Islam moderat karena ulama merupakan pewaris para nabi dengan menyebarkan Islam yang baik dan tidak kasar.

"Inilah yang menjadi ciri Rasulullah sallallahu alaihi wasallam," ucapnya.

Ia menekankan pentingnya melestarikan moderasi karena selama ini kelompok yang keras dalam beragama lebih menonjol daripada yang moderat. "Oleh karena itu, peran kita bersama-sama membangun Islam rahmatan lil alamin dan wasathiyah," ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, ia juga menyampaikan salam dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud untuk Nahdlatul Ulama dan umat Islam Indonesia.

Kunjungan Syekh Soleh ini disambut langsung Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Rais Syuriyah KH Subhan Makmun, Ketua KH Abdul Manan Ghani, Ketua H Eman Suryaman, Sekjen H Helmy Faisal Zaini, dan Bendahara Umum H Ing Bina Suhendra.

Tags : Raja Salman , Imam Masjidil Haram , PBNU , Islam Moderat

Berita Terkait